Ternyata 10 Makanan Ini Bisa Memutihkan Gigi Secara Alami

Gigi Putih


Setiap orang pasti ingin memiliki gigi yang putih dan bersih, tidak hanya baik untuk kesehatan namun juga menunjang penampilan dan meningkatkan rasa percaya diri. Agar mendapatkan gigi yang putih orang-orang biasanya melakukan perawatan ke dokter gigi, perawatan tersebut tidak bisa dikatakan murah.


Buat Anda yang menginginkan gigi putih, ternyata ada beberapa makanan yang bisa memutihkan gigi secara alami. Berikut beberapa makanan yang dapat memutihkan gigi secara alami.


1. Stroberi

Strawberry


Stroberi adalah salah satu buah yang banyak digemari, buah ini memiliki rasa yang asam terkadang manis. Ternyata buah berwarna merah ini dapat memutihkan gigi secara alami. Rasa asam dari stroberi teryata mempunyai efek memutihkan gigi yang bisa didapatkan dengan cara menghaluskan stroberi.


Kemudian setelah itu digunakan seperti pasta gigi dan kemudian bilas dengan bersih. Karena stroberi juga mengandung gula, maka disarankan untuk kembali menyikat gigi.


2. Kacang

Kacang


Siapa yang menyangka bahwa kacang dapat mumutihkan gigi. Kacang merupakan salah satu makanan yang mempunyai serat tinggi yang berguna untuk kesehatan gigi. Kacang memiliki protein yang membantu dan memutihkan gigi serta menghilangkan plak pada gigi.


3. Wortel

Wortel


Makanan yang sering diidentikkan dengan makanan kelinci ini ternyata bukan hanya untuk kesehatan mata saja, namun bisa untuk kesehatan gigi. Wortel bisa membantu untuk memutihkan gigi dengan merangsang air liur yang bisa membuang sisa makanan dan juga memperkuat gusi.


4. Cranberry

Cranberry


Cranberry adalah salah satu yang mempunyai kandungan proanthocyanidin, yang kandungannya dapat melindungi gigi dari bakteri yang merusak gigi dan mengurangi munculnya plak.


5. Keju

Keju


Keju adalah makanan yang mengandung asam laktat yang mampu menjaga gigi dari kerusakan. Tak hanya itu, keju juga mengandung protein dan kalsium tinggi yang menolong memutihkan gigi secara alami serta menaikkan pH mulut sehingga menurunkan risiko kerusakan gigi.


6. Brokoli

Brokoli


Memakan brokoli mentah dapat membersihkan dan memutihkan gigi dikarenakan brokoli mengandung zat besi. Kandungan zat besi tersebut dapat memberikan perlindungan pada gigi dari asam enamel yang dihasilkan oleh bakteri.


7. Lemon

Lemon


Lemon merupakan buah dengan asam sitrat tinggi dan memiliki anti bakteri yang membunuh bakteri mulut. Namun Anda tidak boleh langsung menempelkan lemon ke gigi karena memiliki asam yang tinggi. Kamu dapat memakai lemon dengan mencampurkannya dengan air kemudian digunakan seperti menggosok gigi. Setelah itu sikatlah gigi Anda dengan pasta gigi biasa.


8. Yoghurt

Yoghurt


Mungkin selama ini kita berpikir bahwa yoghurt hanya baik untuk kesehatan percernaan saja. Namun tahukah Anda bahwa yoghurt juga baik untuk kesehatan gusi dan gigi. Yoghurt memiliki kandungan protein dan kalsium yang tinggi untuk menguatkan enamel gigi. Selain itu, Yoghurt juga mempunyai kandungan probiotik dan bakteri sehat untuk melawan gigi berlubang.


9. Kale

Kale


Sayur kale merupakan sayur yang dapat merawat gigi dikarenakan sayur kale mempunyai kalsium yang tinggi dan bermanfaat untuk enamel. Tak hanya itu, kandungan asam folatnya bisa mengurangi risiko penyakit gusi. Sayur ini bisa membentuk air liur yang secara alami membersihkan mulut. 


10. Apel

Apel


Apel merupakan salah satu buah yang bisa memutihkan gigi secara alami. Buah apel mengandung serat yang cukup tinggi serta membunuh bakteri jahat. Bukan hanya itu saja, apel memiliki kandungan fluorida yang umumnya banyak ditemukan di pasta gigi yang berfungsi untuk menurunkan risiko kerusakan gigi dan gusi.


Itulah beberapa makanan yang bisa memutihkan gigi secara alami, tentunya hasilnya tidak bisa didapatkan secara langsung namun jika rutin melakukannya dapat membuat gigi menjadi putih.

Sumber Foto: freepik.com