Fenomena Unik Pisang Berwarna Biru Dengan Rasa Es Krim

Fenomena Unik Pisang Berwarna Biru Dengan Rasa Es Krim


Siapa sih yang gak tau buah pisang? Buah ini bisa ditemui di seluruh dunia dan terkenal dengan banyak manfaat buat kesehatan. Namun ada orang yang tidak menyukai aromanya bahkan enggan mencicipi rasanya. Tapi bagaimana kalau pisang rasa es krim?


Pisang satu ini memiliki nama Blue Java Banana, dengan kulit berwarna biru, serta dikatakan memiliki rasa seperti es krim! Sayangnya pisang jenis ini belum bisa ditemui di pasar tradisional atau supermarket, namun kamu dapat memesannya secara online.


1. Memiliki banyak nama

Pisang ini populer dengan nama Blue Java Banana, namun ada juga yang menyebutnya dengan nama pisang es krim, pisang Hawaii, Ney Mannan, Krie atau Cenizo.


2. Rasa dan tekstur

Selain berwarna biru, permukaan kulit pisang ini cukup mengkilap dengan bentuk lonjong gemuk dengan panjang mencapai 18 cm. Daging buah pisang biru berwarna putih krem dengan bagian biji yang kecil.


Pisang ini banyak diburu karena rasanya yang dikatakan menyerupai rasa manis es krim vanila, sehingga membuat banyak orang memilih untuk memakannya langsung, tapi bisa juga digunakan sebagai toping kue atau campuran smoothie. Meski rasanya unik, namun pisang ini tentu tidak mengandung pemanis buatan.


3. Asal usul pisang biru

Fenomena Unik Pisang Berwarna Biru Dengan Rasa Es Krim


Awalnya, pisang ini ditanam oleh petani Hawaii pada 1920-an. Menurut Direktur Eksekutif Hawaii Tropical Fruit Growers, Ken Love, mengatakan bahwa Hawaii memiliki lebih dari 100 varietas pisang dengan rasa yang berbeda-beda. Menurutnya, Blue Java Banana ini bukanlah varietas yang paling manis di antara ratusan jenis pisang lainnya.


Ken mengungkap, tanaman pisang ini bermutasi secara alami, sehingga melahirkan pisang dengan berbagai rasa dan karakteristik yang berbeda-beda. Seperti halnya pisang Mysore dengan rasa beri atau pisang apel yang terasa seperti buah jeruk manis.


4. Akan berubah warna saat matang

Meski berwarna biru, namun warna kulit Blue Java Banana akan menjadi kuning pucat ketika matang. Begitu pula warna dagingnya yang akan berwarna krem yang tidak berbeda pisang pada umumnya.


5. Manfaat Blue Java Banana untuk kesehatan

Seperti pisang lainnya, pisang ini juga mengandung banyak nutrisi seperti kaya akan serat, vitamin B6, vitamin C, kalium, magnesium, tembaga dan protein. Menyantap pisang ini bisa mengatur tingkat gula darah dalam tubuh.


Vitamin B6 dapat membantu memperbaiki suasana hati, melancarkan sistem pencernaan dan menjaga kesehatan jantung. Kandungan kalium dalam pisang ini bahkan membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi resiko serangan jantung hingga 27%.


6. Tergolong kelompok genomik ABB

Biasanya pisang diklasifikasikan dalam kromosom yang mereka miliki. Kromosom tersebut terdiri dari A – acimnata, manis dan gula, atau B – balbisiana, pati. Blue Java Banana merupakan bagian dari kelompok genomik ABB yang terdiri dari satu bagian gula dan dua bagian pati.


Pati ini diubah menjadi gula, saat pisang tersebut benar-benar matang. Tak heran, jika akhirnya banyak yang menggunakan pisang ini sebagai topping pengganti mentega untuk melapisi roti panggang, karena teksturnya yang lembut. Bahkan, pisang ini juga dijadikan alternatif es krim yang sempurna ketika dibekukan dan dicampur dengan bahan-bahan manis lainnya.


Sumber Foto: adaboloco.com, intelligentliving.co