Mobil Tidak Dipakai Karna PSBB? Yuk Lakukan 6 Langkah Ini


Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberlakukan kembali PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) pada Senin 14 September 2020. Bagi Anda pengguna mobil dalam menjalani aktivitas pekerjaan dari rumah atau WFH (Work From Home), tentunya sekarang menjadi sering memarkirkan mobil di rumah dalam waktu yang lama.


Meski tidak digunakan, mobil tetap membutuhkan perawatan. Karena mobil akan tidak optimal jika saat dibutuhkan terutama saat darurat membeli kebutuhan pokok dan lainnya.


Ada 6 perawatan yang bisa dilakukan ketika kendaraan Anda terparkir lama di rumah. Apa saja itu? Mari disimak.


Merawat Aki


Anda dapat merawat aki dengan memanaskan mobil setidaknya 1-2 kali dalam seminggu untuk menjaga daya yang terdapat di dalam aki. Mobil yang tidak terpakai mengalami pengurangan daya sekitar 3 persen dari kapasitas aki setiap hari nya. Saat memanaskan mobil di garasi rumah

Merawat aki dengan memanaskan mobil paling tidak 1-2 kali dalam seminggu untuk menjaga daya yang tersimpan pada aki. Mobil yang tidak dipakai mengalami pengurangan daya sekitar 3 persen dari kapasitasnya setiap hari. Saat memanaskan mobil di garasi rumah, pastikan juga agar asap knalpot mobil tidak mengarah langsung ke dalam rumah.


Wiper


Wiper dapat diangkat jika mobil diparkir di tempat terbuka. Ketika suhu panas di luar, karet wiper akan lebih cepat rusak apabila terus menempel ke kaca mobil. Namun apabila diparkir di tempat tertutup seperti garasi rumah yang teduh, maka wiper tidak perlu diangkat.


Memilih Lokasi Parkir


Area parkir di garasi rumah merupakan pilihan terbaik. Bagi Anda yang tidak memarkirkan kendaraan di garasi, pastikan mobil tidak terparkir di area yang terkena matahari secara langsung, karena bisa membuat cat mobil menjadi kusam dan pudar. Pastikan juga lokasi parkir aman dan terpantau. Tambahkan kunci setir kendaraan apabila diperlukan.


Menjaga Tekanan Angin Ban


Tekanan angin pada ban akan berkurang apabila kendaraan diparkir dalam waktu yang lama apalagi di garasi lantai yang memakai keramik. Anda dapat menambah tekanan angin setidaknya 5 persen dari tekanan normal. Anda juga lebih baik menggerakkan mobil maju-mundur setidaknya seminggu sekali agar beban mobil pada permukaan bidang ban dapat bertumpu secara merata, sehingga kerusakan ban karena deformasi dapat dicegah.


Transmisi Dan Rem Tangan


Transmisi dan rem tangan juga perlu diperhatikan. Demi keamanan, aktifkan rem tangan sekalipun parkir di jalan yang rata. Terutama untuk mobil automatic, pastikan berada di posisi P atau parking untuk mencegah mobil bergerak saat diparkir.


Menjaga Kebersihan Mobil


Kebersihan mobil juga perlu dijaga dengan cara mencuci eksterior dan interior mobil setidaknya seminggu sekali. Pastikan setiap sudut dicuci secara bersih agar terlepas dari kotoran, terlebih lagi apabila ada virus dan bakteri yang menempel.


Source photo : Google